Selasa, 06 Oktober 2015

LAYANAN TELEMATIKA

Pada Postingan ini saya akan membahas tentang LAYANAN TELEMATIKA. saya akan membahas  dari Pengertian, Jenis-Jenis dan Keuntungan maupun Kerugiannya.

Definisi Layanan Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis  jaringan yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh Telematika.
 
Layanan - layanan yang terdapat pada Telematika adalah:
 
- Layanan Telematika di Bidang Informasi.
- Layanan Telematika di Bidang Keamanan.
- Layanan Context Aware dan Event-Based.
- Layanan Perbaikan Sumber (Rwsource Discovery Service).
 
a. Layanan Telematika di Bidang Informasi.
   Penggunaan Telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi Telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya, serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
b. Layanan Telematika di Bidang Keamanan.
   Layanan telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
c. Layanan Context Aware dan Event-Based.
  Dalam ilmu computer dinyatakan bahwa perangkat computer memiliki kepekaan dan dapat  bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan - aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah Context - Awareness. Context - Awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari  pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan  parameter - parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan Antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
d.Layanan Perbaikan Sumber (Rwsource Discovery Service).
   Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga  berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan  penemuan.
 
2. JENIS JENIS LAYANAN TELEMATIKA
Layana Telematika Dibidang Informasi.
     Penggunaan telematika dan aliran informasi harus selalu ditunjukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pengentasan kemiskinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus disarankan untuk menjembatani kesenjangan politik dan  budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat
 
Layanan Telematika Di Bidang Keamanan.
     Layanan telematika yang di bidang keamanan adalah suatu yang penting untuk agar data dalam jaringan tidak mudah hilang. Sistem keamanan membantu mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunananya dan menempatkan antisipasi ketika jaringan berhasil ditembus. Dan sistem keamanan ini juga merupakan layanan yang menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya
 
 Layanan Context Dan Event-Based
     Dalam ilmu komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui  berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan  penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter -parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan. Contohnya :
Vehicle  Diagnostic Service
 
 
Layanan Perbaikan Sumber
      Layanan Perbaikan Sumber adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan untilitas yang di perlukan dan juga berfungsi dalam pengindeks lokasi layanan untilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang  politik, yaitu :
 
a. Dilihat dari bidang ekonomi Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi,  berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.  
b. Dilihat dari bidang politik Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.
 
 
 
3. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN LAYANAN TELEMATIKA BERDASARKAN JENISNYA
 
 Di Bidang Informasi :
 
a. Keuntungan
  Masyarakat khususnya kalangan menegah kebawah dapat memasarkan  pemerataan teknologi dan bagi para pelajar dapat memberikat wawasan ilmu  pengetahuna tambahan untuk menunjang kebutuhan studi mereka.  
b. Kerugiannya
  Jika kemudahan akses ini disalah gunakan maka akan berdampak buruk bagi  penguna internet tersebut dan juga dapat menimbulkan penyalah gunana internet untuk kejahatan.

Di Bidang Keamanan :

a. Keuntungannya :
- Masyarakat dapat merasakan keamanan yang lebih karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka dapat segera mengubungi pihak yang berwajib
dengan teknologi yang ada. Dan juga ketika memanfaatkan internet untuk megirim data menjadi lebih aman.  
b.Kerugiannya:
- Keamanan ini juga berdampak buruk jika ada oknum atau Hacker yang  berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan dan orang yang jahil mengubungi pihak yang berwajib padahal ia tidak membutuhkan pertolongan haya sekedar iseng.
 
Di Bidang Context dan Event Based
 a.Keuntungannya:
 - Dengan ada nya sistem ini pengguna hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan bayak atau otomatis sistem yang telah mengatur agar si pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diingikan si pengguna tersebut.
b. Kerugiannya:
 - Terkadang si pengguna tidak tahu atau terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu, seperti ia tidak tahu kalou anak nya masuk rumah sakit ketika ia sedang rapat.
 
sedikit atau banyaknya penjelasan di atas diharapkan dapat membantu :)
Have a Nice day ^-^
 
 
 
 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar